Pemanfaatan Teknologi di Sekolah

Greeting, teachers.

Saya baru saja selesai menulis blog saya yang sebelumnya. Tiba-tiba saya mendapat pop-up-idea dan membaginya di sini. Hmm…judulnya mengajar dengan teknologi. Teknologi saat ini memang banyak memudahkan kita manusia. Segalanya terasa lebih menarik dengan teknologi. Teknologi kini pun merambah dunia pendidikan yang mana mulai lebih memudahkan guru dalam mengajar dan lebih menarik minat anak dalam belajar.

Saat ini sekolah di Indonesia mulai menambah fasilitas penunjang guru dalam mengajar. Salah satunya adalah projektor. Ya, alat ini layaknya jembatan yang menghubungkan teknologi yang guru sediakan pada komputer agar anak didik dapat menikmatinya pula sehingga mereka tidak terus-menerus disuguhi ceramah guru, papan tulis dan buku catatan. Bukan berarti ketiga hal itu membosankan tetapi dengan porsi yang tepat dikombinasikan dengan penggunaan teknologi, maka anak akan lebih tertarik dalam belajar dan tidak cepat bosan. 😀

Kalau tadi pemanfaatan projektor di sekolah. Kali ini pemanfaatan internet. Sudah banyak sekolah yang memiliki fasilitas wifi yang tentunya semakin memudahkan guru dalam mendapatkan materi dan media pembelajaran yang interaktif di internet terutama bagi guru bahasa inggris. Di sekolah tempat saya bekerja, saya mendapat banyak ilmu dalam mengajar dengan memanfaatkan teknologi. Bekerja bersama para pendidik dari negara-negara maju seperti Inggris, Amerika, Australia, Kanada dan New Zealand. Salah seorang guru di tempat saya, beliau berasal dari Kanada, adalah seorang guru inovatif yang sangat memaksimalkan teknologi dalam mengajar. Anak-anak kami pun dilatih dalam penggunaan teknologi. Mereka belajar bagaimana berurusan dengan internet dan alat-alat elektronik penunjangnya agar pisau bermata dua ini tetap dapat dimanfaatkan dengan aman dan terkendali.

Langsung saja saya bagikan aplikasi dan website yang sempat kami gunakan di sekolah. Yang pertama adalah website-website gratis yang menyediakan media belajar yang interaktif bagi anak.

1. Sumdog
Sumdog adalah website gratis untuk melatih anak dalam pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Guru bisa mengetahui skor yang dihasilkan setiap anak. Bahkan orang tua juga bisa mengaksesnya. Anak-anak kami sangat mnyukainya. Guru juga bisa mengadakan kompetisi untuk anak-anak. Mereka bahkan bisa beradu dalam permainan. Tidak hanya matematika, website ini juga menyediakan permainan untuk literasi yang tentunya dalam baha inggris.

2. Cool Math Games
Seperti namanya, permainan untuk melatih kemampuan berhitung anak ini memang keren, melatih logika anak dan tidak ada unsur kekerasan. Permainan ini juga gratis tetapi tidak seperti Sumdog, guru tidak bisa mengakses skor setiap anak.

3. Top Marks
Di website ini tersedia permainan untuk matematika, sejarah, geografi dsb yang tentunya dalam bahasa inggris.

4. Kent Woodland Games

5. Zondle
Zondle adalah website yang saya temukan ketika saya mencari permainan dalam bahasa Indonesia untuk mengajar bahasa Indonesia. Di sini, guru bisa membuat soal dan jawaban sendiri dalam bahasa apapun dan pelajaran yang lain pun bisa. Guru juga bisa mengakses aktifitas dan skor anak.

6. MakeBeliefComic
Makebeliefcomic tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Itunes dan Playstore. Menurut saya, aplikasi ini cukup menarik ketika digunakan untuk membuat dialog dan hasilnya bisa diunduh.

7. StuddyLadder
Website ini juga berisi permainan untuk matematika dan bahasa Inggris. Guru juga bisa membuatkan akun untuk anak-anak dan bisa mengakses skor yang anak capai dalam permainan ini.

8. Quill
Website ini menyediakan materi pembelajaran bahasa inggris terutama grammar dan writing skill untuk sekolah menengah pertama ke atas.

9. Englishexercises
Website ini berisi kumpulan soal-soal bahasa inggris interaktif yang dibuat oleh banyak guru di seluruh dunia.

10. Khanacademy
Website ini menyediakan soal-soal interaktif untuk banyak pelajaran. Tentunya dalam bahasa inggris. Guru juga bisa membuatkan akun untuk murid dan bisa mengetahui aktifitas pembelajaran murid.

11. Popplet
Popplet juga tersedia dalam aplikasi di appstore. Di sini kita bisa membuat mind-map, dan website ini menyediakan banyak mind-map dari pengguna Popplet lainnya. Website ini gratis tapi dibatasi. Seingat saya, hanya dapat dipakai untuk membuat 5 mind-map setiap bulan.

12. GoNoodle
Website ini mungkin cocok untuk anak-anak Indonesia setelah penat dengan pelajaran. Guru bisa memilih video yang berisi lagu dan gerakan badan sederhana agar pikiran anak bisa santai dan meregangkan otot sejenak. Cukup 3-5 menit melakukannya, setelah itu anak-anak akan lebih siap untuk kembali menerima pelajaran selanjutnya.

Masih banyak website gratis yang pernah kami gunakan di sekolah tapi mungkin website ini yang menurut saya bisa dicoba oleh guru-guru di Indonesia. Silakan ditambahi bila anda menemukan website lainnya. 😀

Selanjutnya, di bawah ini website-website gratis untuk mengakses worksheet atau soal-soal bahasa inggris yang pernah saya coba.

1. www.englishforeveryone.org
2. www.englishwsheets.com
3. en.islcollective.com
4. busyteacher.org

Demikian tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan silakan memberi koreksi dan masukan untuk tulisan saya. 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s